Tim PDKB PLN UP3 Banjarmasin sedang melaksanakan pemeliharaan jaringan listrik 20 kV dengan metode Sentuh Langsung di Kabupaten Tanah Laut, Selasa (8/7/2025).
temanmedia.id, BANJARMASIN - PLN kembali menegaskan komitmennya dalam menyediakan listrik yang andal dan berkelanjutan untuk masyarakat.
Melalui unit unggulannya, Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banjarmasin sukses melaksanakan kegiatan pemeliharaan jaringan listrik tanpa pemadaman di sejumlah titik penting di wilayah Kabupaten Tanah Laut, pada Selasa (8/7/2025).
Pemeliharaan dilakukan dengan metode PDKB Sentuh Langsung, teknik khusus yang memungkinkan petugas melakukan perbaikan langsung pada jaringan aktif tanpa menghentikan aliran listrik kepada pelanggan.
Langkah ini dilakukan guna memastikan tidak adanya gangguan layanan listrik di sektor-sektor vital, terutama di tengah meningkatnya kebutuhan listrik pasca pertumbuhan ekonomi dan aktivitas sosial yang tinggi di Tanah Laut.
Keberhasilan pelaksanaan pekerjaan ini sekaligus menjadi bukti nyata kesiapan PLN menghadirkan layanan tanpa kompromi terhadap keandalan dan keselamatan.
Tim PDKB PLN UP3 Banjarmasin, yang dipimpin oleh Akhmad Rijani, bekerja dengan standar keselamatan tinggi dan koordinasi yang solid.
Pekerjaan dilakukan dengan mematuhi seluruh prosedur kerja tegangan menengah tanpa padam, mulai dari inspeksi pra-kerja, safety briefing
, hingga penggunaan alat pelindung diri dan peralatan teknis sesuai standar. "Melalui metode PDKB ini, kami dapat memastikan pelanggan tetap mendapat pasokan listrik tanpa terganggu, meskipun ada pekerjaan pemeliharaan yang sedang berjalan. Ini adalah bentuk tanggung jawab kami dalam menjaga keandalan sistem distribusi listrik, tanpa menurunkan kualitas pelayanan," ungkap Akhmad Rijani, Team Leader PDKB PLN UP3 Banjarmasin. "Hari ini kami melaksanakan pemeliharaan di jalur-jalur yang sangat krusial bagi kehidupan masyarakat Tanah Laut. Dari kantor pemerintahan, rumah sakit, hingga area usaha kecil dan menengah," ujarnya.
"Kami memahami pentingnya menjaga listrik tetap menyala untuk mendukung aktivitas masyarakat," tambahnya.
Pihaknya akan terus meningkatkan keahlian personel dan memperluas cakupan kerja PDKB di seluruh wilayah kerja.
"Dengan semangat Zero Downtime, kami ingin menunjukkan bahwa perawatan jaringan tak harus selalu berarti pemadaman. PLN hadir dengan solusi cerdas dan layanan yang makin andal," katanya.
Kegiatan PDKB menjadi wujud transformasi PLN dalam meningkatkan layanan pelanggan dengan pendekatan inovatif dan berorientasi pada solusi.
Di tengah transformasi digital dan pertumbuhan ekonomi yang mengandalkan ketersediaan energi listrik, keandalan pasokan menjadi syarat mutlak.
Dengan metode PDKB, pelanggan seperti rumah sakit tidak lagi khawatir akan terputusnya pasokan listrik saat ada perbaikan, industri tetap dapat menjalankan produksinya, dan sektor UMKM tidak mengalami gangguan layanan.
Melalui semangat transformasi “Green, Lean, Innovative, and Customer Focused”, PLN bertekad memberikan layanan terbaik yang lebih cepat, andal, dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.
Kegiatan PDKB ini hanyalah salah satu dari banyak langkah nyata PLN dalam menjaga trust dan menjawab harapan masyarakat akan listrik yang tidak hanya tersedia, tapi juga stabil dan berkualitas.
إرسال تعليق